Jumat, 13 Februari 2009

Iklan Politik Mencerdaskan Bangsa

Oleh: Choirul Asyhar

Dunia iklan politik bangkit. Entah siapa yang cerdas. Yang jelas, dunia iklan politik beberapa bulan ini dibanjiri iklan bermutu dari PKS. Dalam teori ilmu komunikasi, iklan-iklan PKS ini sangat berhasil. Penonton senang, panas, dingin, berkomentar, menulis, menghujat, mensomasi, memuji, meremehkan. Artinya iklan ini berhasil menyedot perhatian penonton. Dan tak hanya menonton, tapi juga menyampaikan apresiasi dan ekspresinya. Setuju atau tidak.

Lihatlah dan perhatikan iklan partai lain. Adakah yang mendapatkan komentar berantai di media. Kalau ada adalah komentar negatif karena banyak mengumbar janji tanpa bukti -atau diragukan bagaimana cara membuktikannya nanti.
Sejak iklan Hari Kebangkitan Nasional, Hari Pahlawan, sampai iklan-iklan belakangan ini, semua ditampilkan sederhana tapi elegan. Bahkan cenderung memotivasi penonton untuk bergerak bersama-sama membangun negeri. Memupus perpecahan, membangun persatuan. Dan sebagainya.

Lihatlah iklan terakhir ini:



Setelah iklan hari Pahlawan yang menampilkan Soeharto, ini adalah iklan berikutnya yang menuai komentar dan pujian, serta kekesalan mereka yang reaktif.

Maka, bagi pembaca dan pengamat berita politik seperti saya, saya sangat menikmati pencerahan-pencerahan yang diberikan PKS melalui iklan-iklannya. Ilmu saya juga bertambah membaca komentar beberapa ahli komunikasi tentang iklan-iklan PKS ini. Juga bisa memahami mana yang cerdas berkomentar dan mana yang emosional.

Jadi ingat ungkapan:
Yang kreatif akan leading, yang reaktif akan bleeding.

PKS memang semakin menunjukkan profesionalismenya di segala bidang. Semakin meyakinkan klaim PKS bahwa partai anak muda ini diback-up oleh ribuan doktor di berbagai bidang.

Lihatlah, jangankan iklan yang serius dan menuai komentar di atas. Iklan yang santaipun tampak digarap secara profesional dan 'out of box' dari dunia periklanan politik yang selama ini menjadi meanstream di media elektronik. Simak iklan TTS pada posting terdahulu. (http://pks-world.blogspot.com/2009/02/istirahat-ngisi-tts-dulu-yuk.html)


Juga iklan ini ....

Tampak sekali memang semua direncanakan dengan matang. Dengan satu tujuan. Dan fokus untuk melakukan perubahan di negeri ini.

Wallahu'alam.
Semoga Allah memberikan kemenangan 2009 bagi partai yang tulus dan profesional demi kebaikan negeri ini. Amiin.

Cikarang Baru, 13 Februari 2009

Tidak ada komentar: